WORKSHOP KKNI

 

kkk

Dalam rangka menigkatkan mutu akademik UMT, UMT mengadakan Workshop KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan tema “Peningkatan Kualifikasi Dosen dan Kompetensi Mahasiswa” bertempat di Aula lantai 4 pusat pemerintahan Kota Tangerang, pada 18 October 2014. Acara yang berlangsung dari Pukul 09.00-16.00 WIB ini menghadirkan 2 narasumber diantaranya: Dr. Carolina Lasambouw, M. Ed. Dan Drs. Soeparto. MBA. 

Dalam sambutan di awal acara, Rektor UMT yang saat itu diwakili oleh Warek I bapak Ahmad Amarullah, M.Pd. melaorkan kepada Dr. Carolin, bahwa UMT berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan UMT, di antaranya dengan mensosialisasikan dan mengaplikasikan peraturan pemerintah. Ia juga melaporkan pencapaian UMT diantaranya pencapaian jumlah mahasiswa UMT sampai saat ini yang mencapai 15.000 mahasiswa lebih dan untuk menampungnya, UMT membuka perkuliahan di 4 lokasi, yaitu di kampus utama dengan gedung setinggi 12lt, di Tangcity 4lt, di gedung eks BLHD 2lt dan di Dinsos dekat alun-alun A. Yani 4lt. Warek I pun memaparkan bahwa kedepanya UMT sedang merancang gedung baru setinggi 19lt di kampus utama yang di gandengkan dengan gedung yang sudah berdiri tegak 12lt, berarti gedung baru akan melengkapi bilangan tahun berdirinya perserikatan Muhammadiyah 1912 dan nantinya gedung tersebut ajan diberinama degan nama “Gedung 1912”

Dalam penjelasanya Dr. Carolina mengupas topik implementasi kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Tujuan topik ini untuk meningkatkan pemahaman KKNI dalam upaya menyusunan kurikulum berbasis KKNI yang dapat menunjang mutu pendidikan tinggi. Menurut Dr. Carolina, KKNI ini ditetapkan pemerintah sebagai upaya dalam menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan, bidang kerja dan pengalaman kerja. Dalam konteks dunia pendidikan, yang menjadi fokus perhatian adalah bagaimana kita menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan pada tiap level. Misalnya lulusan S1 (level ke-6 dari 9 jenjang pendidikan) harus memenuhi kualifikasi sebagai berikut: mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEK, menguasai konsep teoritis secara umum dan sesuai bidang pengetahuan tertentu, dan mampu mengambil keputusan. Maka disetiap bidang studi harus menjabarkan kualifikasi sesuai bidang masing-masing.

Workshop KKNI ini berharap mendorong seluruh peserta, yang terdiri dari para pimpinan fakultas, dosen dan staff departemen penunjang akademik, untuk mengambil informasi penting dari apa yang telah disampaikan agar dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kinerja masing-masing. Kekurangan maupun kendala di internal harus segera di atasi agar tidak menghambat pencapaian yang harusnya dicapai. Dan ini pada akhirnya diharapkan dapat berdampak pada peningkatan mutu UMT. (ac)

Sosial Media :

rss yt ak icon g+ tw