Sejarah

logo-bawah

SEJARAH SINGKAT 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Pada tanggal 1 Juni 1993 STIE Muhammadiyah Tangerang didirikan yang merupakan salah satu amal usaha milik persyarikatan Muhamamadiyah di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Muhammadiyah, berdasarkan surat Keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta No. 1.A/SK/B/1992 tertanggal 10 November 1992. Seiring dengan berjalannya waktu, menyusul pula berdirinya STAI Muhammadiyah Tangerang tahun 2000, kemudian berdiri lagi STIKES Muhammadiyah Tangerang di tahun 2004. Ketiga amal usaha Muhammadiyah tersebut di bawah naungan dan milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang.

Dengan perkembangan dan adanya tuntutan zaman yang semakin kompetitif, maka Musyawarah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerangperiode 2005-2010 merekomendasikan pendirian Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dari sini juga telah terdapat kesepakatan antara pimpinan tiga sekolah tinggi Muhammadiyah yang telah ada untuk bergabung dalam mendirikan Universitas Muhammadiyah Tangerang.

 

BERDIRINYA FISIP UMT

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya proposal pendirian Universitas Muhammadiyah Tangerang mendapat respon positif dari Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 3 Agustus 2009 lahirlah SK Mendiknas Nomor 109/D/O/2009 tentang ijin Operasional UMT.

Berdasarkan SK tersebut jua lah, lahirlah satu diantara sekian fakultas, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan 2 (dua) Program Studi yakni;

  1. Ilmu Pemerintahan
  2. Ilmu Komunikasi

Kini, di tahun 2013 FISIP UMT dengan jumlah mahasiswa hampir 1000 (Seribu) orang, hadir di tengah masyarakat Kota Tangerang pada khususnya dan Wilayah Provinsi Banten pada umumnya sebagai sebuah institusi pendidikan untuk merespon tuntutan masyarakat akan hadirnya sebuah Universitas yang dapat memberikan pelayanan Akademik kepada para mahasiswanya.

Sosial Media :

rss yt ak icon g+ tw